Metode Cepat Membaca Al-Qur'an #Ust. Abdurrohim Harahap, S. Th. I. M.Us.
METODE IQRA' AL-MAHERA
(Deskriptif, Membaca, Menulis, dan Tajwid)
SEKILAS TENTANG METODE IQRA' AL-MAHERA DAPAT DILIHAT DI:
1. https://www.youtube.com/watch?v=SokNXipTzV0&t=2s
2. https://www.youtube.com/watch?v=pNRm1Pli4so
3. https://www.youtube.com/watch?v=s04dWUCoGhA
Latar Belakang Penyusunan Metode Iqra’ Al-Mahera
Iqra’ Al-Mahera merupakan salah satu metode cepat dalam membaca al-Qur’an. Metode Al-Mahera disusun untuk mempermudah setiap insan dalam membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. Berdasarkan pengalaman penyusun lebih kurang 15 tahun mengajar al-Qur’an dari berbagai tingkatan umur mulai dari anak-anak sampai dewasa, penyusun melihat setidaknya ada 3 masalah penting bagi mereka yang ingin belajar membaca al-Qur’an. Pertama: Anak kesulitan dalam mengingat huruf-huruf hijaiyyah. Kedua: Kesulitan dalam menuliskan huruf hijaiyyah yang mereka ingat. Ketiga: Kesulitan menerapkan makhrah huruf dan ilmu tajwid dalam membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.
Penyusun menyempurnakan buku ini tepat pada tanggal 16 September 2019 sebagai kado kelahiran anak pertama beranama Maherah Izzah A.R. Harahap. Oleh sebab itu juga metode ini dinamakan “Al-Mahera.” Latar belakang penamaan ini tidak terlepas dari bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan karunia yang sempurna kepada buah hati pelepas lelah, serta sebagai persembahan terimakasih kepada istri tercinta Choirurrojiah Hrp yang telah mengandung dan merawatnya susah payah dikala penyusun berjuang menyelesaikan studi S2 bidang al-Qur’an dan Tafsir di Malaysia.
Al-Mahera bermakna “kepintaran atau kepandaian” dengan harapan setiap insan yang mempelajarinya menjadi orang-orang yang pintar dan pandai dalam membaca al-Qur’an, menuliskan ayat-ayat al-Qur’an, serta memahami makhraj dan tajwid dalam membacanya. Penyusun berharap dengan adanya metode ini dapat mempermudah banyak insan dalam mempelajari kalam Allah SWT yang dengan harapan itu kebaikan dan pahala mereka yang menggunakannya terus mengalir kepada ayah dan ibu tersayang, ayah/ibu mertua, isteri, anak, dan keluarga penyusun. Penyusun berharap metode ini terus dapat digunakan sampai akhir zaman sehingga amal jariyah bagi keluarga, pendidik, dan mereka yang menggunakannya terus bertambah Amin ya rabbal ‘alamin.
Tujuan Penyusunan Metode Iqra’ Al-Mahera
Beberapa metode dalam membaca al-Qur’an lebih kepada metode membaca sahaja. Melalui metode al-mahera tidak hanya kepandaian dalam membaca, tetapi juga kemampuan dalam menuliskan apa yang telah dibaca, serta mengetahui cara membedakan makhraj yang hampir sama dan hukum tajwid dalam membaca al-Qur’an.
Kelebihan Menggunakan Metode Iqra’ al-Mahera
1. Deskriptif, Praktis, dan fun learning.
2. Belajar membaca sekaligus belajar menulis.
3. Deskriptif yaitu mencocokkan huruf hijaiyyah dengan benda-benda sekitar
4. Menggunakan Metode congklak, yaitu setiap anak dapat mengingat dan membaca 1 huruf maka ia diharuskan untuk mengingat dan membaca huruf selanjutnya.
5. Belajar makhraj dengan metode bernyanyi/bersyair sehingga memudahkan anak dalam membedakan makhraj yang hampir sama.
6. Dilengkapi dengan kaidah-kaidah hukum tajwid dan dapat dipraktekkan langsung pada pembelajaran.
7. Suasana kelas lebih kondusif karena setelah belajar membaca santri/wati akan belajar menulis huruf yang dibacanya.
METODE IQRA' AL-MAHERA COCOK UNTUK SEMUA KALANGAN UMUR
KEBERHASILAN MEREKA MENGGUNAKAN METODE IQRA' AL-MAHERA
METODE IQRA' AL-MAHERA TELAH BANYAK DIGUNAKAN DI SEKOLAH-SEKOLAH DI INDONESIA
Info kerjasama:
PROFIL PENYUSUN METODE IQRA' AL-MAHERA
Sejak di bangku sekolah dasar, beliau sudah gemar membaca buku terutama buku-buku Islami. Pada saat duduk di bangku Aliyah beliau menulis buku “Panduan Fardu Kifayah Lengkap“ yang merupakan buku pertama hasil tulis tangan, dan inilah awal beliau aktif dalam menulis. Saat ini beliau telah menulis beberapa tulisan diantaranya, Buku; 1. Mencari Hidayah Tuhan, 2. Mengungkap Motivasi Kehidupan dalam Al-quran, 3. Empat Langkah menuju sukses (Penerbit Wade Group Yogyakarta). 4. Metode Menghafal Al-Masniari: Menghafal, Menulis, dan Memahami. 5. Pengembangan Akhlak dan Karakter Siswa/Anak. 6. Metode Al-Mahera (Deskriptif, Membaca, Menulis, dan Tajwid). 7. Pengantar Ilmu Al-qur’an dan Sains Modern; Sains Qur’ani dan Integrasi Holistik. Jurnal; 1. The Biological Elements in Integrated IPA Textbook in Indonesia: Analysis Based on Tafsir ‘Ilmi (International Jurnal of Quranica V.13 2021). 2. Tauhid is the Main Solution to Overcoming the Covid-19 Pandemic (Budapest International Research and Critics Institute: BIRCI-Journal vol 4, No 4 2021), 3. Moderasi Beragama di Indonesia: Analisis Terhadap Akidah Ahlu Sunnah Wa Al-Jama’ah (Jurnal Pendidikan Islam, VOL: 11/NO: 01 Februari 2022 P-ISSN: 2614-4018), 4. Integrasi al-Qur’an dan sains terhadap kurikulum sains di sekolah, 5. Metodologi A. Mukti Ali dalam penafsiran al-Qur’an; analisis terhadap kitab tafsir al-Qur’an di Nusantara (Jurnal uinsu.ac.id). Majalah; LGBT Manusiawikah?, Uang dan Kursi (Majalah Tabligh Nasional). Melalui pesan biografi singkat ini, beliau mengucapkan terimaksih kepada guru-guru yang telah memberikannya ilmu yang bermanfaat, terutama kepada ayah dan ibunda. (Nasehat dan Jasamu Tidak Akan Pernah Kulupakan Ayah dan Ibu)”. Konsultasi dapat dilakukan melalui: abdurrahimharpy@gmail.com.
Komentar
Posting Komentar