Biografi Abdurrohim Harahap, S.Th.I., M.Us


https://id.wikipedia.org/wiki/

Jurnalilmiyah.com. Abdurrohim Harahap lahir pada tanggal 26 Januari 1994 di Desa Seirakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, Indonesia. Beliau adalah anak pertama dari pasangan ayahanda Safran Harahap dan Ibunda Masniari Nasution. Pada tahun 2000 beliau memuali pendidikan di Sekolah Dasar 112213 SeiRakyat. Disaat yang sama beliau juga menimba ilmu Agama di sekolah Al-Jam’iatul Wasliyah selama 6 tahun ditempat kelahirannya, kemudian pada tahun 2007 melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Panai Hulu, selepas itu ia melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Modern Ahmadul Jariyah KotaPinang. Setelah lulus dari Pesantren ia kembali melanjutkan pendidikannya di Universitas Islam Negeri Sumatra Utara dengan mengambil jurusan Tafsir  Hadist Internasional, yang merupakan beasiswa penuh hingga bergelar Sarjana (S1). Tidak sampai disitu, pada tahun 2019 akhir beliau melanjutkan pendidikan jenjang S2 Jurusan al-Qur’an dan Hadits Akademi Pengajian Islam University Malaya di Kuala Lumpur Malaysia.

 

Penemu metode Iqra' al-mahera dan Tahfidz Al-Masniari

 

Abdurrohim Harahap adalah penemu dan penyusun Metode Iqra' al-Mahera dan Metode Tahfiz al-Masniari. Metode ini bertujuan untuk membuat pembelajaran al-Qur;an lebih mudah dipahami dan diaplikasikan oleh umat Muslim, baik dalam membaca Al-Qur'an, memahami ajaran agama, maupun dalam mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Iqra’ Al-Mahera merupakan salah satu metode cepat dalam membaca al-Qur’an. metode ini dikenal dengan 4 n 1 yaitu; Deskriptif, Membaca, Menulis, dan Tajwid.” Melalui metode deksriptif memudahkan anak dalam mengingat huruf-huruf hijaiyyah, karena belajar sambil bermain sehingga tidak terjadi kebosanan dalam proses pembelajaran. Melalui metode menulis mereka dapat menuliskan huruf –huruf yang dibaca sehingga dapat menguatkan setiap huruf dan kalimat yang dibaca. Melalui metode makhraj dan tajwid, mereka dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada.  

 Sedangkan Metode menghafal Al-Masniari adalah metode mudah dan menyenanghkan dalam menghafal al-Qur'an. metode ini dikenal juga dengan istilah 3M, Yaitu; Menghafal, Menulis, dan Memahami. Metode ini disusun untuk mempermudah siswa dalam menghafal ayat-ayat al-Qur’an, tidak hanya sekedar hafal, tetapi mampu menuliskan serta memahami kandungan dan isi dari ayat yang dihafalnya.


Fokus dan bidang yang ditekuni

Melalui lembaga MQC, beliau fokus pada kajian pengembangan ilmu-ilmu al-Qur'an. Selain mengembangkan metode iqra' al-mahera dan tahfidz al-masniari, beliau juga mengembangkan konsep Sains Qur’ani dan Integrasi Holistik sebagai pendekatan baru dalam mengkaji dan meneliti ayat-ayat kauniyah dalam al-Qur’an. Konsep ini telah beliau tuangkan dalam bukunya yang berjudul " Pengantar Ilmu al-Qur'an dan Sains Modern; Sains Qur'ani dan Integrasi Holistik". Beliau mengatakan, tujuan pokok dari konsep ini di antaranya;

1)    Merancang kerangka berpikir sarjana dan membangun epistemologi baru terhadap kajian Al-Qur’ān dan sains melalui konsep Sains Qur’ani dan Integrasi Holistik.
2)    Merancang pendekatan kajian Al-Qur’ān dan sains yang lebih menarik dengan tujuan menghasilkan data baru (sains huduri).
3)    Menawarkan bentuk implementasi Integrasi Holistik pada satuan pendidikan terutama perguruan tinggi Islam yang bertransformasi menjadi UIN.
4)    Mencegah paradigma dikotomi ilmu antara Al-Qur’ān dan sains maupun antara agama dan sains melalui pendekatan Sains Qur’ani dan Integrasi Holistik.
5)    Menawarkan benang hijau konsep integrasi Al-Qur’ān dan sains yang terkesan hanya mencocok-cocokkan sains barat dengan Al-Qur’ān dan sebaliknya melalui konsep Sains Qur’ani.
6)    Memberikan pintu objek penelitian sains kepada sarjana Muslim dalam mengkaji Al-Qur’ān melalui pendekatan Sains Qur’ani dan Integrasi Holistik.
7)    Menawarkan konsep Sains Qur’ani dan Integrasi Holistik dalam pembentukan kurikulum sains berbasis Al-Qur’ān pada setiap satuan pendidikan di Indonesia terutama pesantren.
8)    Memberikan pemahaman kepada masyarakat awam tentang kedudukan Al-Qur’ān terhadap sains. 


Bedah buku dan seminar Bersama Prof. Dr. Syawal Gultom (Unimed) dan Prof. Dr. Akmal Tarigan (UIN-SU)

Karier akademik dan Organisasi

Beliau aktif sebagai pengajar di beberapa lembaga pendidikan Islam. Selain Mengajar, beliau juga aktif memberikan pelatihan kepada kepala sekolah dan guru dengan tema; "trik mudah dan menyenangkan membaca dan menghafal al-Qur'an",Metode pengajaran yang beliau gunakan dikenal dengan pendekatan yang sistematis, logis, dan mudah dipahami. Selain mengajar dan menulis, beliau juga aktif dalam kegiatan Mengajar, Dakwah, dan    Organisasi kemasyarakatan. Pada tahun 2017/2018 beliau mengemban amanah sebagai Sekjend. Forum Komunikasi Muslim Indonesia cabang Kuala Lumpur dan juga diberi amanah sebagai Ketua umum PPI-UM (Persatuan Pelajar Indonesia Universiti Malaya) pada tahun yang sama. 

 

Pada tahun 2022 beliau mendirikan Masniari Qur’an Center Indonesia yang merupakan pusat pengembangan dan pelatihan pembelajaran metode Iqra al-Mahera 4 in 1 (deskriptif, membaca, menulis, tajwid) dan metode tahfidz al-Masniari 3M (menghafal, menulis, memahami). Beliau mengatakan, Masniari Qur’an Center Indonesia bertujuan untuk menumpas buta baca, buta tulis, dan buta paham al-Qur’ān di kalangan pelajar dan generasi Islam melalui metode yang telah beliau temukan. Beliau juga diberi amanah sebagai Vice of The Department of Islamic and Dakwah di Yayasan Pendidikan Shafiyyatul amaliyyah Medan yang membawahi salah satu program “Ulama dan Umara Berbicara” yang disiarkan langsung di YPSA TV. Program ini menghadirkan tokoh, akademisi, dan cendikiawan Sumatra Utara dan Nasional yang dikonsep dengan sistem diskusi terbuka dan Talk show.  

Di antara karya-karya beliau;

Buku:

1.      Mencari hidayah tuhan (penerbit wade group yogyakarta)

2.       Mengungkap motivasi kehidupan dalam al-quran (penerbit wade group yogyakarta)

3.       4 langkah menuju sukses (penerbit wade group yogyakarta)

4.       Metode menghafal al-masniari (menghafal, menulis, memahami)

5.      Metode Iqra' al-mahera (membaca, menulis,tajwid)

6.      Pengembangan akhlak dan karakter anak

7.      Pengantar ilmu alqur’an dan sains modern; Sains Qur'ani dan Integrasi Holistik

8.      Panduan fardu kifayah lengkap



Jurnal dan artikel:

  1. Integrasi alquran dan materi pembelajaran kurikulum sains pada tingkat sekolah di indonesia: langkah menuju kurikulum sains berbasis alquran (jurnal penelitian medan agama)
  2. The ice rain in the perspective of the holy koran and science (uin-su)
  3. The biological elements in integrated ipa textbook in indonesia: analysis based on i‘jaz ‘ilmi (jurnal internasional qur'anica universiti malaya)
  4. Silaturrahmi dapat menambah rezeki, ini rahasianya (jurnalilmiyah.com)
  5.   Kembali kepada fitrah setelah berpuasa dibulan ramadhan (jurnalilmiyah.com)
  6. Dasar-dasar ilmu al-quran dan sains modern (jurnalilmiyah.com)
  7. Integrasi al-qur'an dan sains (jurnalilmiyah.com)
  8.  Islam dan sains modern (jurnalilmiyah.com)
  9. Hubungan al-qur'an dan sains (jurnalilmiyah.com)
  10.  Pengertian tafsir lughawi (jurnalilmiyah.com)
  11. Pengertian tafsir bil ma’tsur dan tafsir bil ra’yi (jurnalilmiyah.com)
  12.  Metode tafsir sayyid qutub dalam kitab fi zhilalil qur'an v(jurnalilmiyah.com)
  13.   Pengertian tafsir hermeneutika (jurnalilmiyah.com)
  14. Kedudukan hadis dalam istinbath hukum nahdlatul ulama’ (jurnalilmiyah.com)
  15. Latar belakang munculnya bid’ah (jurnalilmiyah.com)
  16. Metode tafsir tematik dan muqaran (jurnalilmiyah.com)
  17.   منهج تفسير الشعراوي (jurnalilmiyah.com)
  18.   Lgbt manusiawikah? ( majalah tabligh nasional).
  19.   Uang dan kursi ( majalah tabligh nasional).

Kegiatan bedah buku dan program ulama dan umara di ypsa TV:






 
 
Beliau juga aktif dalam mengisi Seminar pelatihan iqra' al-mahera dan tahfidz al-masniari online dan offline di berbagai tempat dalam dan luar negeri 

Beberapa penghargaan yang pernah beliau raih sejak dibangku sekolah :

  • Menerima penghargaan Juara I lomba pidato Bahasa Inggris peringkat fakultas  2014
  • Menerima penghargaan Juara III lomba pidato 3 Bahasa (Arab,Inggris,Indonesia) peringkat fakultas  2015
  • Menerima penghargaan Peserta speech contest peringkat Universitas UIN-SU 2014
  • Menerima penghargaan Sebagai dewan juri/panitia dalam Audisi Hifzil Qur’an 2015 di Trans 7 (Pada tahap seleksi SUMUT) 
  •  Menerima penghargaan Juara I  Tahfizul Qur’an 5 juz putra MTQ peringkat kabupaten kota  2011
  •  Menerima penghargaan Juara I Tafsir Bahasa Inggris 10 juz putra MTQ peringkat UIN-SU  2013
  •  Menerima penghargaan  Juara II Tafsir Bahasa Inggris 10 juz putra MTQ peringkat UIN-SU 2014
  • Menerima penghargaan Juara Harapan I Tafsir Bahasa Inggris 10 juz putra MTQ peringkat Perguruan Tinggi SE SUMATRA UTARA 2014.
  •  Menerima penghargaan Imam terbaik peringkat pesantren Ahmadul Jariyah
  • Menerima penghargaan sebagai pencipta lagu disalah satu sekolah elit  Nur Ihsan Isamic Full Day School.
  • Menerima penghargaan pelatihan menulis di kuala lumpur.

             Kepengurusan beliau dalam Organisasi: 

  1. Ketua bagian keilmuwan dan seni di BEM UIN-SU Medan
  2.  Ketua remaja mesjid nurul muslimin kec. medan tembung
  3.  Penasehat remaja mesjid al-Falah kec. medan perjuangan  
  4.  Sekjend. FORKOMMI (forum komunikasi muslim indonesia malaysia)  di Kuala Lumpur 
  5.  Presiden/ Ketua umum PPI-UM (Persatuan Pelajar Indonesia University Malaya).

 

Beliau adalah sosok yang gigih dan inspiratif khususnya bagi kaum pelajar muda dan sarjana. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber motivasi bagi pembaca. Demikian biografi lengkap Ustaz Abdurrohim Hrp yang berhasil kami dapatkan dari tim author jurnalilmiyah.com, semoga informasi yang dapat memudahkan khalayak ramai.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Epistimologi Tafsir Politik/ Haraki/Siasi #Abdurrohim Harahap S.Th.I., M.Us.

IQRA' AL-MAHERA #Metode Cepat Membaca Al-Qur'an

Metode Tafsir Sayyid Qutub Dalam Kitab Fi Dzilalil Qur'an#Abdurrohim Harahap S.Th.I., M.Us.