Siapakah Abdurrohim Harahap, S.Th.I., M.Us. ?
Abdurrohim Harahap S.Th.I., M.Us.
lahir pada tanggal 26 Januari 1994 di Desa Sungairakyat, beliau adalah seorang penulis, tokoh, pendakwah, pendidik, dan akademisi yang dikenal luas di kalangan masyarakat Muslim Indonesia. Ia memiliki kontribusi besar dalam dunia pendidikan Islam, dakwah, dan pengembangan pemahaman agama Islam yang kontekstual dengan tantangan zaman. Beliau adalah anak pertama dari pasangan Sapran Harahap dan Masniari Nasution. https://id.wikipedia.org/wiki/Pembicaraan:Berikut_adalah_profil_singkat_dari_Abdurrohim_Harahap:#Abdurrohim_Harahap_S.Th.I.%2C_M.Us.
Pendidikan
Pada tahun 2000 beliau mengawali pendidikan di Sekolah Dasar 112213 Seirakyat. Disaat yang sama juga menimba ilmu Agama di sekolah Al-Jami’yyatul Wasliyyah selama 6 tahun ditempat kelahirannya, kemudian pada tahun 2007 melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Panai Hulu. Setelah itu melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Modern Ahmadul Jariyah Kotapinang. Abdurrohim Harahap menempuh pendidikan tinggi di bidang agama Islam. Beliau meraih gelar Sarjana Teologi Islam (S.Th.I.) dari UINSU- Medan dan kemudian melanjutkan studi ke jenjang Magister Usuluddin (M.Us.), di UNIVERSITI MALAYA Kuala Lumpur Malaysia yang membawanya mendalami ilmu-ilmu pokok dalam agama Islam, seperti akidah, fiqih, dan tafsir. Pendidikan yang ditempuhnya memberikan landasan yang kuat bagi kontribusinya dalam pendidikan Islam dan dakwah.
Karier akademik dan Organisasi
Abdurrohim Harahap aktif sebagai Dosen dan pengajar di berbagai lembaga pendidikan Islam seperti UINSU, YPSA, MQC, serta sekolah dan universitas lainnya. Selain Mengajar, beliau juga aktif sebagai Narasumber pelatihan kepala sekolah dan guru-guru yang betema; "trik mudah dan menyenangkan membaca dan menghafal al-Qur'an",. Dalam kapasitasnya sebagai dosen, beliau mengajarkan mata kuliah al-Qur'an dan Sains, dan yang berkaitan dengan keislaman, serta memberikan bimbingan bagi para mahasiswa yang ingin mendalami agama Islam lebih dalam. Metode pengajaran yang beliau gunakan dikenal dengan pendekatan yang sistematis, logis, dan mudah dipahami. Selain menulis, beliau juga aktif dalam kegiatan Mengajar, Dakwah, dan Organisasi kemasyarakatan. Pada tahun 2017/2018 beliau mengemban amanah sebagai Sekjend. Forum Komunikasi Muslim Indonesia cabang Kuala Lumpur dan juga diberi amanah sebagai Ketua umum PPI-UM (Persatuan Pelajar Indonesia Universiti Malaya) pada tahun yang sama. Pada tahun 2022 beliau mendirikan Masniari Qur’an Center Indonesia yang merupakan pusat pengembangan dan pelatihan pembelajaran metode Iqra al-Mahera 4 in 1 (deskriptif, membaca, menulis, tajwid) dan metode tahfidz al-Masniari 3M (menghafal, menulis, memahami). Masniari Qur’an Center Indonesia bertujuan untuk menumpas buta baca, buta tulis, dan buta paham al-Qur’ān di kalangan pelajar dan generasi Islam melalui metode yang telah beliau temukan. Beliau juga diberi amanah sebagai Vice of The Department of Islamic and Dakwah di Yayasan Pendidikan Shafiyyatul amaliyyah Medan yang membawahi salah satu program “Ulama dan Umara Berbicara” yang disiarkan langsung di YPSA TV. Program ini menghadirkan tokoh, akademisi, dan cendikiawan Sumatra Utara dan Nasional yang dikonsep dengan sistem diskusi terbuka dan Talk show.
Penemu metode pembelajaran
Abdurrohim Harahap dikenal telah menemukan dan mengembangkan beberapa metode pembelajaran al-Qur'an yang relevan dengan kondisi zaman modern, di antaranya adalah Metode Iqra' al-Mahera dan Metode Tahfiz al-Masniari. Metode ini bertujuan untuk membuat pembelajaran al-Qur;an lebih mudah dipahami dan diaplikasikan oleh umat Muslim, baik dalam membaca Al-Qur'an, memahami ajaran agama, maupun dalam mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Iqra’ Al-Mahera merupakan salah satu metode cepat dalam membaca al-Qur’an. Sedangkan Metode menghafal Al-Masniari adalah metode mudah dan menyenanghkan dalam menghafal al-Qur'an. metode ini dikenal juga dengan istilah 3M, Yaitu; Menghafal, Menulis, dan Memahami. Metode ini disusun untuk mempermudah siswa dalam menghafal ayat-ayat al-Qur’an, tidak hanya sekedar hafal, tetapi mampu menuliskan serta memahami kandungan dan isi dari ayat yang dihafalnya.
Karya Tulis
Sebagai seorang yang aktif di dunia akademis, beliau juga aktif dalam kegiatan dakwah memberikan ceramah dan khutbah yang mengedepankan pemahaman Islam yang moderat, mengajak umat untuk mengamalkan ajaran Islam dengan cara yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, beliau juga aktif menulis beberapa karya ilmiah, artikel, dan buku yang berkaitan dengan studi Islam, termasuk mengenai tafsir, fiqih, dan usuluddin. BUKU; 1. Mencari Hidayah Tuhan (Yogyakarta: Wade Group, 2016). 2. Mengungkap Motivasi Kehidupan dalam Al-Qur’an (Yogyakarta: Wade Group, 2017). 3. Empat Langkah menuju sukses (Yogyakarta: Wade Group, 2018). 4. Metode Menghafal Al-Masniari; Menghafal, Menulis, dan Memahami. (Medan: MQC Publishing, 2021). 5. Pengembangan Akhlak dan Karakter Siswa/Anak (Medan: MQC Publishing, 2021). 6. Metode Al-Mahera; Deskriptif, Membaca, Menulis, dan Tajwid (Medan: MQC Publishing, 2021). JURNAL; 1. The Biological Elements in Integrated IPA Textbook in Indonesia: Analysis Based on Tafsir ‘Ilmi (International Jurnal of Quranica V.13 2021). 2. Tauhid is the Main Solution to Overcoming the Covid-19 Pandemic (Budapest International Research and Critics Institute: BIRCI-Journal vol 4, No 4 2021), 3. Moderasi Beragama di Indonesia: Analisis Terhadap Akidah Ahlu Sunnah Wa Al-Jama’ah (Jurnal Pendidikan Islam, VOL: 11/NO: 01 Februari 2022 P-ISSN: 2614-4018), 4. Integrasi al-Qur’ān dan sains terhadap kurikulum sains di sekolah (Jurnal Uinsu.ac.id). 5. Metodologi A. Mukti Ali dalam penafsiran al-Qur’ān; analisis terhadap kitab tafsir al-Qur’ān di Nusantara (Jurnal Uinsu.ac.id). MAJALAH; LGBT Manusiawikah?, Uang dan Kursi (Majalah Tabligh Nasional). EDITOR; Azhari Akmal Tarigan, The Leadership of Raz, (Jakarta: Perenada Media, 2022). Emir Rizal, Sofyan Raz dari kerani menjadi tokoh pendidikan, (Medan: Merdeka Kreasi, 2023). Zamhuri Hrp, Santri berprestasi dan menginspirasi, (Cirebon: LR Publishing, 2023), dan beberapa karya lainnya.
Pemikiran dan Pendekatan Konseptual
Abdurrohim Harahap sangat menekankan pentingnya pemahaman agama yang kontekstual, yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam dakwahnya, beliau tidak hanya berfokus pada aspek ritual ibadah, tetapi juga pada aspek sosial, moral, dan etika dalam kehidupan umat Islam. Pendekatannya sering kali menekankan keseimbangan antara ilmu agama dan praktik kehidupan nyata, dengan tujuan untuk membentuk individu Muslim yang baik dalam aspek spiritual maupun sosial. Saat ini beliau juga mengembangkan pendekatan baru dalam kajian al-Qur'an dan sains yang beliau konsep dalam bukunya yang berjudul "Sains Qur'ani dan Integrasi Holistik". Beliau mengatakan "Al-Qur’ān merupakan kitab petunjuk bagi manusia dan pembeda antara haq dan batil. Al-Qur’ān adalah mukjizat Rasulullah ﷺ paling agung yang dapat dikaji melalu pelbagai pendekatan dan metodologi baik secara saintifik, semantik, historis, filologi, dan pelbagai pendekatan lainnya. Sebagai pendekatan saintifik, al-Qur’ān memiliki isyarat-isyarat ilmiah yang mengagumkan banyak ilmuwan. Al-Qur’ān membuktikan diri sebagai mukjizat komprehensif yang tetap relevan dengan perkembangan zaman. Dalam beberapa tempat, al-Qur’ān menjadi dalil terhadap penemuan-penemuan mutakhir masa kini. Pendekatan ini berusaha menjembatani kajian al-Qur’ān dan Sains modern melalui konsep Sains Qur’ani dan Integrasi Holistik yang dapat diimplementasikan pada satuan pendidikan terutama perguruan tinggi yang bertransformasi dari IAIN menjadi UIN.
Visi dan Misi
Abdurrohim Harahap berkomitmen untuk mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan, tetapi juga kuat dalam iman dan akhlak (ulul al-bab). Ia percaya bahwa pendidikan yang baik harus melahirkan individu yang tidak hanya pintar dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki moral dan akhlak yang baik, serta mampu menjalani kehidupan dengan prinsip-prinsip Islam yang moderat dan toleran.
Komentar
Posting Komentar